TUGAS 7 RK D

 PEMBUATAN SPESIFIKASI APLIKASI SISTEM KASIR

 MOKA POS


1. MOKA POS

Aplikasi Moka POS merupakan aplikasi yang menggunakan metode POS yaitu metode penggabungan software dan hardware yang membentuk suatu sistem yang bertujuan untuk mempermudah transaksi dengan pelanggan. Aplikasi ini memastikan bahwa kasir dapat dengan mudah berurusan dengan pelanggan mereka. Pada awal pengembangan, proses POS adalah nama yang diberikan kepada kasir. Kasir adalah mesin seperti kalkulator dengan laci kas dan pencetak tanda terima yang menunjukkan barang mana yang sedang dijual. Seiring berjalannya waktu, ternyata pelaku usaha tidak memenuhi persyaratan karena membutuhkan laporan P&L yang detail, inventaris produk, dan kebutuhan lainnya. Ini karena ringkasan keluar harus berisi catatan lain dari administrator atau pemilik. Ini, tentu saja, memakan waktu dan sangat merepotkan. Alhasil, dibuatlah sistem POS yang terintegrasi baik dengan laporan transaksi, barang penjualan, maupun laporan persediaan hanya berdasarkan input kasir. Oleh karena itu, administrator atau pemilik hanya perlu memantau laporan tersebut. Perangkat keras seperti laptop/tablet/PC, printer kasir, laci kas, dan pemindai barcode (opsional) diperlukan untuk mendukung sistem ini. Adanya sistem ini tentunya dapat membantu para pelaku usaha melakukan transaksi dengan pelanggannya.

2. KEBUTUHAN APLIKASI

- Menyediakan tutorial penggunaan aplikasi.

- Menyediakan user guide bagi pengguna aplikasi.

- Perlunya pembenahan sistem konvensional menjadi sistem yang lebih modern sehingg memudahkan kasir untuk bertransaksi denga pelanggan.

- Perlunya sistem yang tidak hanya bisa mencetak struk pelanggan, tetapi juga bisa mendata inventori barang, mengetahui detail laporan penjualan dan profit yang bisa diatur baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.

- Perlunya sistem yang memiliki keamanan dalam bertransaksi.

2. SPESIFIKASI KEBUTUHAN APLIKASI

- Fungsional 

(SKPL-F01) Sistem harus menyediakan fitur login untuk penjual 

(SKPL-F02) Sistem harus menyediakan fitur registrasi untuk penjual 

(SKPL-F03) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen stok. 

(SKPL-F04) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen pelanggan. 

(SKPL-F05) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen meja pada outlet. 

(SKPL-F06) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen karyawan. 

(SKPL-F07) Sistem harus memungkinkan penjual untuk menggunakan sistem point-of-sale/kasir pada outlet.

(SKPL-F08) Sistem memungkinkan penjual bisa melakukan pemilihan jenis transaksi penjualan (dine in atau take away).

(SKPL-F09) Sistem menyediakan fitur agar penjual bisa memilih metode pembayaran customer.

(SKPL-F10) Sistem memungkinkan pemjual untuk menerima pembayaran menggunakan e-wallet.

(SKPL-F11) Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk melakukan pengiriman receipt kepada customer melalui email dan nomor hp.

- Non Fungsional

(SKPL-NF01) Sistem harus dapat menangani permintaan secara bersamaan. 

(SKPL-NF02) Sistem harus memiliki latensi rendah. 

(SKPL-NF03) Sistem harus dapat menjamin keamanan transaksi penjualan.

(SKPL-NF04) Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

(SKPL-NF05) Sistem mewajibkan user untuk login sebelum mengakses sistem sepenuhnya.

(SKPL-NF06) Aplikasi dapat diakses menggunakan perangkat mobile atau PC. 

Comments

Popular Posts